Pabrik & Distributor Plastik Pertanian

Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Plastik LDPE, dll.


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah

Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah - Hallo sahabat Pabrik & Distributor Plastik Pertanian, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya melon dalam polybag, Artikel budidaya melon hidroponik, Artikel cara menanam buah melon dan semangka, Artikel cara menanam melon dari bijinya, Artikel cara menanam melon di halaman rumah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah
link : Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah

Baca juga


Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah


Adanya tanaman melon di halaman rumah akan menghadirkan ruang hijau yang bagus untuk lingkungan. Selain itu, melon yang dimakan dari hasil budidaya sendiri juga menimbulkan kepuasan tersendiri dibandingkan membelinya. Bagi Anda yang ingin mencoba budidaya melon dalam polybag, ini dia cara praktisnya.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan beberapa buah polybag dengan ukuran sekitar 40×50cm atau 37×40cm. Lahan pekarangan rumah untuk menanam melon juga perlu disiapkan dan dibersihkan dahulu dari rumput liar yang tumbuh.

Siapkan juga lanjaran atau ajir dari bambu yang nantinya akan ditancapkan pada media tanam dengan panjang sekitar 1,5—2m. Paku ukuran 2 inci, tali rapia, gunting, dan pisau pemotong juga perlu disiapkan.

2. Persiapan Bibit

Belilah benih melon di toko tanaman, kemudian rendam dengan air yang sudah diberi fungisida selama 1 malam atau sekitar 12 jam. Sesudahnya, keringkan benih kemudian simpan benih di tempat yang gelap sekitar 12—14 hari sampai berkecambah atau sudah memiliki 4 daun untuk kemudian dipindahkan ke media semai pada polybag.

Untuk media semai, Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang, kemudian dimasukkan langsung ke polybag. Tancapkan benih yang berkecambah ke dalam media semai tersebut, arahkan benih yang runcing menghadap ke bawah. Siram dengan air 2 hari 1 kali supaya tanah tak kering. Hindari dari paparan sinar matahari secara langsung atau bisa juga diberi jaring peneduh seperti paranet.

3. Penanaman

Penanaman dikerjakan jika bibit yang disemai usianya sekitar 2—3 minggu ketika tunas sudah mencapai ukuran sekitar 10cm. Selanjutnya, pindahkan bibit ke media pertumbuhan, yaitu polybag yang sudah disiapkan. Sebelum dipindah, siram dahulu media tanam dengan air. Penanaman lebih baik dilakukan pada saat matahari mulai tenang, bisa pada pagi hari atau sore hari.

Baca Juga :
Tips Budidaya Anggur, Buah Banyak Manfaat & Menguntungkan
Inilah Cara Jitu Budidaya Bawang Bombay, Dijamin Ciamik!!
Mengatasi Kendala Saat Budidaya Jamur, Dengan Menggunakan Paranet

4. Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir bisa dikerjakan ketika tanaman melon sudah mulai merambat dan menjalar umumnya pada usia sekitar 5—8 hari setelah tanam, sembari diatur arah rambatannya.

5. Pemupukan

Pemupukan memakai pupuk dasar dari pupuk Mutiara 15gr setiap polybag, diberikan ketika mengisi media tanam pada polybag. Lakukan pemupukan susulan dengan NPK dan KNO3 dengan cara ditaburkan pada sekeliling tanaman atau dicampur dahulu dengan air. Siramkan pupuk tanpa mengenai tanaman.

Pemupukan susulan dikerjakan pada hari ke-14 (NPK), 24 (NPK), 34 (NPK), 44 (NPK), dan 54 (KNO3) hari setelah tanam dengan dosis masing-masing sekitar 10gr/polybag, untuk KNO3nya 1gr/liter, 1liter/pot.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Perawatan hama dapat dikerjakan dengan bantuan cairan insektisida atau dengan membuang hama secara manual dari bagian tanaman yang dihinggapi.

Untuk mencegah serangan penyakit bisa menggunakan fungisida sistemik dan kontak yang diberikan secara berselang. Penggunaannya bisa ditambah dengan perekat sebagai daya rekat ke daun jika sedang memasuki musim hujan.

7. Pemanenan

Proses panen dilaksanakan sesudah tanaman melon berbuah, biasanya sekitar umur 20 hari sesudah tanam. Buah bisa diseleksi dan dirawat hingga hari ke-60 sesudah masa tanam untuk pemanenan.

Buah yang siap dipanen memiliki kriteria warna kulit mulai putih kekuningan, pada tangkai buah terdapat cincin atau lingkaran retak-retak, dan tercium aroma harum dari melon.

Jika Anda membutuhkan Polybag untuk budidaya tanaman ataupun untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)


Demikianlah Artikel Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah

Sekianlah artikel Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah dengan alamat link http://plastikpertanian99.blogspot.com/2018/05/tips-trik-praktis-budidaya-melon-dengan.html

0 Response to "Tips & Trik Praktis Budidaya Melon Dengan Polybag, Untung Melimpah"

Posting Komentar